Keliling Dunia ke China: Belajar dari China

“Tuntutlah ilmu sampai ke negeri China” walaupun hadis ini dikenal lemah dan terjadi perbedaan pada ulama hadist, namun kita bisa lihat, bahwa China-Beijing banyak mengalami kemajuan dalam berbagai bidang. Hal ini diungkapkan oleh Yaya Sutarya, sebagaiatase pendidikan KBRI di Beijing, Arief sebagai perwakilan Indonesia yang bekerja di bank Indonesia di Beijing, Ifran Ilmie sebagai wartawan Antara Beijing dalam acara keliling dunia yang digelar oleh Pejuang Subuh Pondok Indah (PSPI) pada Ahad (15/8/2021).

Arif mengemukakan, ada beberapa alasan kenapa kita harus belajar dari China, karena orang-orang cina mempunyai high productivity, Advanced Tecnology (IT and Engineering), Factory & Supply Chains of the world, Leading in financial technology.

Arief menuturkan, banyak kemajuan yang bisa kita lihat dan perlu belajar dari China. Dari banyaknya gedung-gedung mewah pencakar langit dengan design yang unik-unik. Jalan tol yang terus dibangun bukan hanya bisa menjadi satu atau dua arah tapi banyak arah. Beberapa tenaga kerja yang kini mulai bisa dibantu oleh tenaga robot.

Yaya menyampaikan, agar warga Indonesia tidak perlu lagi ragu dan takut untuk melanjutkan pendidikan ke Tiongkok, China. Selain banyaknya beasiswa yang telah disediakan. Apa yang dikhawatirkan tentang kebebasan dalam beribadah pun bisa kita rasakan tanpa larangan.

Muslim di Tiongkok

Jumlah muslim di Tiongkok sebanyak 32 juta. Pada tahun 2014 terdapat 39.135 masjid. Sekitar 24 ribu masjid di Xianjiang. Dan saat ini total masjid diperkirakan ada 42.000 masjid. Jumlah masjid di Beijing 72 masjid dengan jumlah muslim 7 ribu orang.

Kebijakan Xi Jinping terhadap Islam kunjungan Xin  Jinping ke masjid Xincheng di kota Yinchuan Ningxia dan berdialog dengan pengurus dan warga muslim bulan Juli 2016 menjadi simbol awal keseriusannya untuk meletakkan urusan agama sebagai salah satu prioritas dalam pemimpin.

22 April 2016, dalam pembukuan konferensi nasional agama-agama di Beijing, Xi Jinping menyatakan “Religion is, as always, one of the priorities must handle properly in goverming the country, our initiative in regard to religion play a particularly important role in the overall work of the country”

Pemerintah Tiongkok merilis rencana aksi nasional hak asasi manusia (National action plan of human right) 2016-2020 dengan memasukkan perbaikan pelayanan ibadah haji bagi umat islam sebagai salah satu programnya.

Tahun lalu pemerintah Tiongkok juga meluncurkan kebijakan informasi demokrasi di Tibet dan mengaitkan persoalan perlindungan kebebasan beragama, salah satu contohnya berkaitan dengan keberadaan 4 masjid dan 12 ribu muslim disana. (Tiongkok Dialy, 28 Maret 2019).

Pembangunan kota islam Hui Culture Park di Yongning, kota Yinchuan yang menelan biaya 3.5 Miliar USD (Sekitar 45 triliyun rupiah). Hui Cultural Park dibangun diatas lahan 67 hektar dengan arsitektur  ala Taj Mahal dan dilengkapi berbagai fasilitas seperti museum, taman raksasa, restoran Exhibition Center.

Fasilitas pemakaman bila meninggal. Kebijakan tersebut berbeda dengan rakyat China yang pada umumnya dikremasi ketika meninggal disebagian masjid di China seperti di Guangzhou dan Quanzhou terdapat area pemakaman muslim yang dirawat dan dilestarikan hingga sekarang.

Makanan halal muslim China mendapatkan proritas untuk mendapatkan supply makanan halal. Bahkan di Shanghai, sebuah kota metropolitan internasional di China telah menetapkan regulasi untuk menjamin pasokan makanan halal bagi muslim. Pabrik, sekolah dan kantor. Pemerintahan yang memiliki anggota muslim diharuskan memiliki kantin muslim. Hampir semua kampus di China menyediakan kantin muslim yang lokasinya terpisah dengan kantin nonmuslim. Kantin-kantin tersebut mayoritas dikelola oleh muslim China dari etnis Hui dan Uighur yang menjajakan menu makanan halal khas daerah mereka.

Libur di Ningxia dan Uighur, pemerintah China meliburkan kantor pemerintahan selama 3 hari pada perayaan hari raya Idul Fitri dan Idul Adha serta memberikan libur cuti kerja bagi pekerja muslim, baik yang dikerjakan oleh negara atau komunitas desa untuk merayakan hari raya.

Organisasi Keagamaan Masyarakat Indonesia :

  • PCI Muhammadiyah dan PR Muhammadiyah
  • PCNU
  • Organisasi Budhis Manggala
  • Keluarga Katolik Indonesia
  • International Church Fellowship-Indonesia
  • Majelis Reformed Injili Indonesia
  • Kumpulan Pengajian di 25 kota (Lingkar pengajian di Beijing)

HUBUNGAN BILATERAL INDONESIA TIONGKOK

4 Koridor Ekonomi :
1. Sumatra Utara yang di Kembangkan sebagai “Economic and Business Hub for ASEAN”
2. Kalimantan Utara sebagai “Energy and Mineral Hub”
3. Bali sebagai “Hightech & Creative Economy Hub”
4. Sulawesi Utara sebagai “Pacific Rim Economic Hub”

Kerja sama Digital Indonesia Tiongkok

Potensi Tiongkok :
1. Memiliki 142 Unicorn.
2. Transaksi e-commerce 2020. USD 2,4 Triliyun
3. 900 juta orang lebih menggunakan pembayaran platform digital.
4. Pada akhir 2025, ekonomi digital diproyeksi: USD  4,2 Triliyun

Potensi Indonesia :
1. 5 Unicorn and 1 Decacorn
2. Transaksi digital 2020” USD 44 Miliar
3. 196.7 Internet Users
4. Internet Penetration 73.3 persen
5. Pada tahun 2025, ekonomi digital diproyeksi”: USD 130 Miliar

BIDANG PENDIDIKAN DALAM ANGKA

Total ada 15.67 orang penduduk Indonesia yang ada di China.
Total ada 280 kerja sama dan 32 dokumen (2019/2020)
Tersebar dalam 18 perguruan tinggi di China
1. Akselerasi Layanan
2. Students Mobillity
3. Program Bahasa Indonesia (BIPA)
4. Pusat Study Bahasa Indonesia (13 Lembaga China)
5. Pelatihan Guru / Siswa
6. MoU/Agreement/IA/Lol 
7. Beasiswa
8. Sanggar Budaya Indonesia/IC (21 Titik)
9. Vokasi / Degree
 10. Film Book Publishing (10 Kegiatan)

Pemanfaatan Program Beasiswa
Komitmen Pemerintah RRT untuk Beasiswa

Pertemuan Bilateral di tengah-tengah pertemuan G20 di Osaka, Penguatan kerja sama pendidikan, Pemberian 3000 beasiswa untuk Jenjang S1, S2 dan S3 untuk 5 tahun (2020-2024).

Program CSR Perusahaan.
Pendidikan Vokasi untuk 500 orang dalam 23 paket keahlian.

Jumlah Mahasiswa : 15.670, Penerima Beasiswa : 8.618 orang

Memiliki Peningkatan 15 persen pertahun

Berikut Jenis-jenis Beasiswanya :
Jumlah uang yang diterima setiap mahasiswa :
S1 : 2500 yuan
S2 : 3000 yuan
S3 : 3500 yuan
Biaya tersebut bisa dibilang lebih dari cukup untuk biaya hidup mahasiswa di Tioangkok terlebih jika makan dikantin muslim akan lebih murah biayanya. Bahkan beberapa mahasiswa Indonesia ada yang bisa mengirimi orang tuanya sekitar 3 juta rupiah perbulan.

Program Kerjasama Riset Internasional :
– Kerja sama Regional / Multilateral
– Kerja sama Billateral

3 Jalur kerjasama RRT
– Antar Universitas ( U to U)
– Universitas dan Perusahaan
– Pemerintah dan Universitas

Komitmen :

  1. Precision agriculture driven by internet of things (loT). Space technology and AI
  2. AI for energy efficiency
  3. AI application for hardware security
  4. AI for value added creative industry
  5. AI and blockchain for protection and promotion of IP
  6. AI for agriculture and cybersecurity

RRT sudah mulia bertransformasi dari “World Factory” menjadi salah satu “Global Leader” dalam research and development (R&D) khususnya dalam bidang teknologi informasi dan kecerdasan buatan.
Transformasi  dilakukan oleh RRT sebagai cara untuk mencapai 17 tujuan SDG’s yang antara lain adalah mewujudkan: good health and wellbeing serta industry, innovation, and insfrastructure.

Dalam Periode Rencana Lima Tahun ke-14 RRT yang diumumkan oleh Presiden Xi. RRT memberikan perhatian yang cukup besar dalam bidang R&D melalui :
1. Program percepatan inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi dengan mendirikan labolatorium berskala nasional untuk merangsang kreativitas dan inovasi dalam ilmu pengetahuan.
2. Peningkatan anggaran Research and Development lebih dari 7 persen pertahun antara 2021 dan 2025. Berdasarkan data statistic pengeluaran RRT untuk Research and Development naik jadi 10,3 persen menjadi 2,44 triliyun yuan RRT (US$378 miliyar) dan menyumbang 2,4 persen dari PDB pada tahun 2020.
3. Pengembangan sejumlah bidang teknologi termasuk semi konduktor, perawatan kesehatan, komputasi kuantum dan cloud computing.
4. Meningkatkan investasi dalam penelitian dasar dan memberikan dukungan kebijakan yang diperlakukan untuk mendorong investasi tersebut khususnya dalam bidang fisikal, keuangan dan pajak.
5. Memperkuat kerja sama internasional, mengintregasikan kedalam jaringan inovasi global, dan meningkatkan kapasitas untuk inovasi ilmial dan teknologi melalui kerja sama terbuka.

Sejarah dengan RRT, Indonesia juga sedang melakukan upaya yang sama. Walaupun Indonesia memiliki rasio anggaran riset terhadap PDB atau Gross Expenditure on Research and Development (GERD) nasional masih rendah, yaitu 0,25 persen dari PDB atau setara dengan 30,8 triliyun namun pemerintah Indonesia serius untuk mendorong transformasi teknologi.

Pengelolaan Riset Tiongkok
Chinese Academy of Science (CAS), lembaga think tank nasional Tiongkok yang berperan sebagai lokomotif untuk mendorong teknologi dan inovasi nasional.
Anggaran 42 miliyar RMB
– 104 institusi research
– 400 perusahaan spin-off
– 13 kantor cabang
– 47 pusat pengetahuan
– 13 kebun raya
– 26 herbalium
– 89 laboratorium standar international
CAS bertanggung jawab memimpin dan membangun platform iptek pada level nasional dan mengimplementasikan kebijakan nasional yang diarahkan oleh kementerian riset dan teknologi (MOST) Tiongkok sebagai pembuat kebijakan nasional.

Transfer knowledge and technology – Peluang kerja sama
– Digital Ekonomi
– Satelit
– Rekaya Cuaca
– Energi Alternatif
– Bidang Kedokteran
– Kendaraan Listrik
– AI dan Advance Robotics
-Battery
– Electronics
– Building Information Modelling (BMI)
– Ferronickel Processing
– High Speed Bogie
– IoT and Mechanical Engineering
– IoT/Big Data
– Logistic and Supply Chain
– Tecnologi 5G/6g
– Kelautan

Target Umum Mendidik Orang dalam Pendidikan Tiongkok
Pembentukan moralitas manusia menjadi tugas dasar pendiidkan, kembangkan pembangunan dan penerus social yang berkembang secara moral, intelektual, sehat dan estetika.
– Tingkatkan standar ideology dan moral siswa
– Menumbuhkan semangat inovasi, kewirausahaan dan kemampuan siswa
– Perkuat kemampuan pektis siswa
– Membentuk jiwa dan raga siswa
– Tingkatkan pemahaman budaya siswa
– Tingkatkan literasi reradaban ekologi siswa
– Tingkatkan mutu pertahanan siswa yang komprehensif

Irfan sebagai jurnalis yang juga sudah mengetahui banyak hal tentang Tiongkok juga menambahkan sedikit materi hari ini. Mengapa kemajuan Tiongkok mengalami kemajuan yang begitu pesat adalah sistim pemerintahan yang cebtralistik, semua lahan dikuasai oleh Negara.

Serta politik dalam negeri China adalah politik yang paling stabil (Berkelanjutan) tidak ada pemilu, tidak ada hajatan pemilu dan pesta rakyat. Hanya ada sidang tahunan, sidang lima tahunan dan ketok pilu saat penentuan presiden.

Saat sesi tanya jawab salah satu mahasiswa S3 dari Indonesia dan menempuh pendidikan di Tiongkok juga membenarkan jika disana terdapat banyak masjid, makanan halal dan kantin muslim sekaligus kemudahan izin untuk pergi melaksanakan sholat Jum’at saat jam belajar pada professor yang mengajar.

Yaya kembali memberikan pesanya pada para mahasiswa Indonesia yang menempuh pendidikan disana. “Kalau kamu lulus dari sini, jangan langsung pulang. Bekerja dan mengabdilah disalah satu perusahaan yang ada disini. Sehingga kamu dapat belajar, meneliti dan mengamati apa yang telah kamu pelajari disini. Setelah 2-3 tahun kamu kerja disini. Kamu bisa pulang dengan membawa bekal, ilmu, modal serta pengalaman sehingga bisa mengaplikasikannya di Indonesia dan tidak algi menjadi beban Negara.”

Kontributor : Evi Yulianti (Penulis adalah anggota Komunitas Belajar Menulis-KOMBIS)

There is one comment

Post Your Thoughts