Masjid Gelar Open House, Berduyun-duyun Warga Argentina Masuk Masjid

Komunitas Pejuang Subuh Pondok Indah (PSPI) kembali menggelar tour online pada Minggu (7/2/2021) bersama Niniek Kun Naryatie Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh untuk Republik Argentina merangkap Republik Paraguay dan Republik Timur Uruguay. Berikut kesimpulan tour online ke Argentina.  

Komunitas Islam di Argentina

Argentina dijuluki sebagai Paris di Amerika Selatan. Negara yang pluralis, karena begitu banyak imigran yang tinggal dan menjadi warga negara Argentina. Komunitas umat Islam di Argentina sebanyak 1 juta-an. Komunitas Islam tidak mencapai 1 persen. Sedangkan masyarakat Indonesia sekitar 200-an yang tinggal di Buena Aires.

Dalam mengekpresikan ritual agama diberikan kebebasan. Pemerintah memastikan dalam menjalankan ritual keagamaan bisa berjalan lancar dan tenang. Di Bueno Aires mempunyai 3 masjid  yang besar. Salah satunya adalah Masjid Rey Fahd. Ketiga masjid itu mempunyai halaman yang luas. Ada sekolah dalam setiap masjid dan kurikulum yang digunakan lebih banyak pelajaran agama.

 Di masjid juga ada lapangan bola, ada taman yang dijadikan tempat bermain, berkumpul, halal bi halal makan bersama, berbeque dan untuk kegiatan lainnya.

Speaker masjid hanya diperdengarkan di lingkungan masjid, tidak sampai keluar masjid. Masjid dipergunakan untuk kegiatan ibadah, namun saat Covid-19 ditutup. Namun saat ini sudah bisa digunakan kembali untuk ibadah. Saat acara open house masjid, orang-orang Argentina berduyun-duyun masuk ke dalam masjid, ingin melihat lebih dekat kondisi dan situasi di masjid, bertanya tentang agama Islam, dan jika memasuki bulan Ramadhan, banyak orang-orang Argentina yang bergabung untuk makan bersama saat berbuka puasa. Dapur umum selama Ramadhan juga diberlakukan, untuk menjamu orang-orang yng ingin berbuka di masjid.

Komunitas Islam di Argentina mempunyai mahzab yang berbeda-beda. Setiap masjid mempunyai mahzab yang berbeda. Jadi tidak ada mayoritas mahzab tertentu.

Sekilas Tentang Argentina

Ibu kota Argentina adalah Bueno Aires. Sedangkan Buenos Aires artinya adalah udara yang bagus/bersih. Jika berkunjung kesana, ada taman yang sangat luas, warga sering bermain, berjalan-jalan, kumpul-kumpul, hingga merasa capek berjalan di taman. Di Bueno Aires kita akan melihat taman di depan, di belakang, dan disekelilingnya. Kendati demikain, kita harus waspada, sebab masih ada jambret yang mengincar barang yang kita bawa.

Perbedaan waktu antara  Argentina dengan  Jakarta adalah 10 jam. Argentina menjadi negara yang netral saat perang ke-1 dan ke-2. Hal inilah yang menyebabkan para imigran ke Argentina. Kita akan banyak menjumpai orang-orang Argentina berwajah Eropa. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Spanyol. Namun, bahasa Spanyol yang mempunyai kekhasan yang berbeda dengan bahasa Spanyol di Real Mardid.

Di Argentina lebih banyak musim dingin. Musim panas hanya terjadi pada bulan Juli. Dinginnya bisa mencapai 2-5 derajat celcius. Pagelaran budaya juga digelar di Park on Buenos Aires. Dubes RI untuk Argentina Ibu Niniek Kun  membawa tim pegaleran budaya gamelan dari Indonesia ke Park on Buenos Aires. Uniknya pemainnya ada yang dari warga Argentina. Mereka sangat menyukai budaya traditional Indonesia.

Kontributor : Deni Darmawan

Categories: Tour Online PSPI

Post Your Thoughts