Kajian Sirah Nabawiyah: Iqro Menjadi Solusi Keadaan Sosial Jahiliyah- Ust. Salman Al-Farisi

Kajian Sirah Nabawiyah yang digelar oleh komunitas Pejuang Subuh di masjid raya pondok indah pada Sabtu (1/2/2020) sangat menarik untuk disimak. Ust. Salman Al-Farisi Al- Makki, Lc. M.A menjelaskan, bahwa nabi merupakan sosok yang sukses dunia akhirat. Suksesnya Nabi Saw dalam berdagang patut kita teladani.

Dalam paparannya, Ustad Salman menjelaskan bahwa modal sukses yang dimiliki nabi ada 3 hal. “Modal utama Nabi Muhammad Saw hingga sukses dalam berdagang adalah memiliki modal yaitu jujur, amanah dan kreatif. Modal inilah yang mengantarkan nabi ke pemilik modal terbesar yaitu pengusaha sukses Siti Khadijah,” ungkapnya.

Dalam usia yang muda, Nabi Saw menjadi orang kaya. “Nabi berdagang atau berniaga menjadi orang kaya raya, bahkan mempunyai unta yang banyak, unta yang bagus-bagus dijadikan kendaraan. Nabi juga mempunyai rumah, kebun dan peternakan yang luar biasa, semua dimiliki oleh nabi,” ujarnya.

Beliau menambahkan, walaupun nabi memiliki semua tapi hidup sederhana. Nabi juga memikirkan keadaan sosial pada saat itu. “Nabi memikirkan dan berdialog tentang kondisi sosial bersama istrinya, Siti Khadijah. Banyak pemuda saat itu berzina, mabuk-mabukan, sewenang-wenang kepada kaum lemah, berjudi dan membunuh bayi perempuan, Nabi memikirkan kondisi ini, hingga berkhalwat ke gua hira dalam puncak ketenangan dan berharap ada solusi,” ujarnya.

“Wahyu turun, Iqro bismirobbikalladzi kholaq. Nabi disuruh membaca keadaan sosial. Allah mengajak orang untuk membaca. Dengan membaca kita akan memperoleh ilmu pengetahuan, membangun peradaban. Umat Islam harus mempunyai gairah membaca yang kuat, lebih luas membaca alam semesta,” terang Ustadz Salman yang menempuh pendidikan di kota Mekkah. (Den)

Categories: Kajian Sirah

Post Your Thoughts